Definisi dan Fungsi Flange (Flens) pada Pipa

memilih besi konstruksi
Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Besi Konstruksi di Surabaya
Februari 7, 2020
jual flange murah
Jual Flange Murah di Surabaya – PT Barkat Agra Yuga
Maret 30, 2020
fungsi flange pada pipa

Definisi dan Fungsi Flange (Flens) pada Pipa

Flange merupakan komponen yang berfungsi untuk menggabungkan dua elemen pipa dengan valve atau pipa dengan equipment lainnya. Untuk menjadi kesatuan yang utuh dengan media perekatnya adalah baut.

Flange yang digunakan untuk pipa memiliki beberapa jenis dan ukuran yang bervariasi. Hal tersebut tergantung pada spesifikasi dan desain pada pipa yang digunakan.

Fungsi Flange

Apa fungsi flange itu? Fungsi Flanges sebagai komponen sambungan perpipaan yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan, perawatan, perbaikan maupun untuk penggantian equipment lain tanpa harus merusak komponen yang bersangkutan.

Jenis-jenis Flange Pipa

  1. Jenis flange dengan berdasarkan ukuran atau dimensi ANSI, misalnya: ANSI#150,ANSI#300,ANSI#600 dan seterusnya.
  2. Jenis flange berdasarkan scedule, contohnya: sch 30, sch 40, sch 80, sch XS (extra strong) dan lain-lain.
  3. Jenis flange berdasarkan tipe face pada pipa, contohnya: type flat face, type raised face dan ring type joint.

Jenis flange dengan berdasarkan bentuknya menurut ANSI.

Hal yang perlu dijelaskan dalam hal ini adalah jenis flange berdasarkan bentuknya menurut ANSI. Karena ini point utama yang harus diketahui seorang yang beprofesi sebagai fitter atau pipe fitter. Tidak berarti yang lain tidak penting, akan tetapi setelah tahu bentuknya baru kemudian melihat ANSI berapa atau scedule berapa. Berdaraskan ANSI (American National Standards Institute), flange dibedakan jenisnya sebagai berikut :

  1. Blind Flanges

Blind flange yang memiliki fungsi untuk menutup aliran. Seperti halnya fungsi cap dalam fitting. Jenis flange ini rata dan tidak berlubang. Hal ini karena memang berfungsi untuk menutup.

  1. Socket Flanges (Flange tipe soket)

Socket Flange merupakan flange yang pada sisi terluar terdapat tahanan. Hal ini yang menyebabkan pipa yang dimasukkan ke dalamnya tidak dapat tembus keluar.

  1. Slip On Flanges (Flange tipe slip on)

Dalam slip on, flange hanya dapat masuk sebagian. Pada sisi luar dan dalamnya akan dilakukan pengelasan. Maka dari itu diametar inside flange slip on, harus lebih besar daripada diameter outside pipa.

  1. Weldneck Flanges (Flange tipe weldneck)

Flange jenis ini paling banyak digunakan dalam sebuah plant. Hal tersebut karena sifatnya yang mudah untuk disambungkan dengan pipa. Selain itu, flange ini dapat digunakan untuk pressure dan temperatur yang rendah, baik juga untuk pressure dan temperature yang tinggi.

  1. Lap Joint Flanges

yaitu jenis flange ini dapat diputar pada posisi lubang bautnya. Jenis flange ini tidak disarankan untuk tekanan yang tinggi.

  1. Threaded Flanges (Flange tipe Ulir)

Seperti namanya, Threaded Flanges ini memiliki tipe penyambungan yang mengunakan ulir. Biasanya flange ini digunakan untuk sistem yang sangat rawan kebakaran ketika mengunakan las.

Cari Flange berkualitas? Hubungi saja PT Barkat Arga Yuga

PT Barkat Agra Yuga adalah sebuah perusahaan Besi Konstruksi Surabaya yang bergerak di bidang konstruksi logam. PT. Barkat Agra Yuga merupakan produsen flange berkualitas, tetapi dengan harga yang terjangkau.

PT. Barkat Agra Yuga

: 081260170828
: 081339769838
: 03160018731

:Intiland Tower, Jl. Panglima Sudirman No. 101-103, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Tag : type flange, flange las, fungsi flange yoke, flange pipa 2 inch, perbedaan flange jis dan ansi, simbol flange, gambar teknik flange, flange socket

TELEPHONE